NGERI! 6 Fakta Kuntilanak Ini Bakalan Bikin Kamu Takut Ke Kamar Mandi Sendirian, #2 Harus Sangat Di Waspadai!

Kuntilanak dengan pakaiannya yang putih polos dan rambut panjang bak duta sampo itu adalah hantu khas Indonesia yang paling populer setelah pocong. Sebenarnya ia memiliki saudara sejenis di negara-negara lain, tentunya dengan nama berbeda dan beberapa ciri fisik berbeda pula, walaupun ada banyak kesamaan menonjol.

Misalnya di Malaysia dikenal dengan nama Puntianak/Pontianak, di Eropa mengenal Banshee, di Inggris mengenal Jenny Greenteeth, di Jepang ada serupa Sadako, di Thailand pun ada dan masih banyak lagi yang berbeda etnis serta ootd-nya. Kisahnya sih ia adalah hantu dari perempuan yang meninggal di tengah kehamilan. Selain itu hal apa saja yang perlu kita tahu tentang kuntilanak? Ini 11 di antaranya!

Sponsored Ad

1. Tertawa melengking dan menangis dalam waktu dekat.

Kuntilanak dikenal dengan suara tawanya yang melengking tinggi. Ia juga kadang terdengar menangis. Uniknya, kuntilanak bisa terdengar baik tertawa maupun menangis dalam jeda waktu yang sangat singkat. Kok bisa? Siapa tahu dia sedang berghibah dengan sesamanya dan baper dengan curhatan satu sama lain, jadi bisa dengan cepat tertawa atau menangis. Lagian untuk apa kamu tahu alasannya? Memahami pasangan aja susah, pakai berusaha memahami kuntilanak. Hih!

Sponsored Ad

2. Suara keras berarti dia jauh, suara kecil berarti dia dekat.

Kamu pasti sering mendengar tentang ini. Ya, kalau kamu mendengar tawanya dalam volumekeras, berarti dia sedang jauh, setidaknya berjarak lebih dari 50 meter. Sedangkan kalau kamu mendengar tawanya dalam volume kecil, siap-siap aja, coba tengok ke belakang. Ladenin aja, siapa tau dia mau main cilukbaa, kasihan kan kesepian. Iyain aja biar senang.

Sponsored Ad

3. Berpindah tempat dengan tiba-tiba.

Banyak pengakuan yang menyatakan bahwa kuntilanak berpindah tempat dengan melayang. Ia jarang terlihat berjalan dan lebih sering hanya berdiri atau duduk di ketinggian. Namun ada beberapa saksi yang mengatakan bahwa ia juga bisa berpindah tempat dengan tiba-tiba. Kurang lebih sama seperti kita lah yang bisa berjalan, merangkak atau berlari tergantung situasinya. Yang jelas dengan sudah tahu begini, gak usah menantang kuntilanak untuk lari sprint, karena ia gak bisa berlari. Kalau sampai ia berlari, apalagi sampai mengangkat rok dan bawa high-heels, itu bukan kuntilanak, tapi orang yang sedang dikejar satpol PP.

Sponsored Ad

4. Suka puing-puing bangunan atau bangunan yang masih setengah jadi.

Selain puing bangunan atau bangunan yang masih setengah jadi, kuntilanak suka tempat terbengkalai sepi seperti bekas gedung kuno, rumah sakit, sekolah, gedung dengan berbagai tragedi, perkantoran dan aula. Utamanya di bagian lorong, pojok ruangan atau tangga besar. Untuk memanggilnya, beberapa orang menggunakan lagu "Lingsir Wengi". Untung bukan Despacito ya, kalo iya berarti sudah ada kuntilanak di mana-mana sekarang.

Sponsored Ad

5. Sering bertempat di muara sungai atau di pinggiran danau atau kolam.

Tempat berkeliaran kuntilanak gak jauh beda dengan pocong. Bedanya pocong lebih suka pinggiran sungai yang kotor, sedangkan kuntilanak gak pandang bersih atau kotornya. Wah, ini kayaknya kuntilanak penikmat alam yang asri. Suka merenung damai sambil mendengarkan gemericik air. Pantas hidupnya positif banget, doyan ketawa cekikikan. Belajar dari dia gih untuk menghadapi hidup ini dengan tawa. Tapi tolong dikontrol ketawanya ya.

Sponsored Ad

6. Kuntilanak takut dengan pisau, gunting atau paku.

Kepercayaan ini utamanya dimiliki oleh sebagian adat Jawa. Namun paku lebih berlaku universal. Banyak yang mengatakan bahwa paku mampu menahan kuntilanak dari mengganggu jika ditusukkan di bagian ubun-ubunnya. Sedangkan sebagian tempat yang lain percaya bahwa penempatan paku yang tepat untuk menangkal kuntilanak adalah dengan menusukkannya ke lubang di bagian tengkuknya.


Sumber : IDN Times 

Kamu Mungkin Suka