Waspadai Akibat Gak Baik Pakai “Cobek Semen”, Cari Tahu 3 Ciri Perbedaan Cobek “Asli dan Palsu”!

Teruntuk para ibu rumah tangga tentunya keberadaan cobek untuk membuat sambal sangatlah penting, betul gak? Tanpa cobek, kita pastinya tak bisa membuat sambal atau menghaluskan bumbu-bumbu dapur untuk memasak. Tapi tahukah kalau ternyata “bahan baku” cobek dibuat itu penting disimak?

Sponsored Ad

Kebanyakan orang berpikir pastinya cobek itu terbuat dari batu alam yang kuat dan tahan lama. Namun, sayangnya, ada saja oknum yang sengaja menjual cobek yang dibuat dari semen, lho. Nah, cobek yang dibuat dari semen inilah yang harus diwaspadai jika digunakan sehari-hari, terutama mengolah makanan. Kandungan semen yang tak baik untuk kesehatan bisa terbawa saat kita membuat sambal atau menghaluskan bumbu. Gak baik banget buat kesehatan!

Terus gimana dong Min? Tenang, kali ini Mimin mau kasih tahu kamu gimana trik “pintar” dan jitu bedakan cobek yang dibuat dari batu dan semen. Yuk, langsung disimak aja demi kesejahteraan rumah tangga!

Sponsored Ad

1. Gores cobek dengan benda tajam seperti pisau, buat guratan-guratan di dasar cobek. Jika terdapat serpihan-serpihan kecil, berarti sudah dipastikan cobek tersebut dibuat dari semen.

Sponsored Ad

2. Kedua dengan cara memberikan sedikit air pada cobek yang baru dibeli. Jika ada semen atau pasti yang luntur, maka itu adalah cobek semen.

Sponsored Ad

3. Terakhir, lap permukaan cobek yang dibasahi air tadi dengan tisu. Jika tisu berwarna hitam dan air dalam cobek jadi berwarna keruh, berarti cobek ini 100% dibuat dari semen!

Tentunya permasalah ini tak baik, terutama berkaitan dengan kesehatan. Campuran kimia semen dapat berbaur dengan makanan yang dihaluskan dalam cobek. Kebayang kan kalau kita konsumsi campuran ini setiap hari karena terkandung dalam makanan kita? Duh, jangan sampai terjadi deh!


Sumber: Facebook Trans7

Kamu Mungkin Suka