Jangan Kira Jadi Ojol Itu Santai! 90% Orang Gak Tahu "4 Hal Ngenes" yang Malah Bikin Mereka Merana

Setiap pekerjaan mempunyai resikonya masing-masing. Begitu juga dengan ojek online yang mungkin terlihat mudah bagi sebagian orang sehingga semakin banyak orang yang mendaftar pekerjaan sebagai ojek online ini.

Sponsored Ad

Padahal jika dilihat lebih dalam, pekerjaan ini pun memiliki berbagai resiko. Seperti yang dilansir dari Boombastis berikut ini.

#1 Saingan semakin banyak

Sponsored Ad

Mudahnya syarat pendaftaran dan cara kerjanya, membuat semakin banyak orang mendaftar menjadi ojek online. Bahkan banyak orang yang awalnya bekerja di kantor, memilih pekerjaan sebagai driver ojek online. Perusahaan membuka lowongan besar-besaran untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat namun bagi driver peluan mencari penumpang semakin kecil.

#2 Target naik tapi bonus berkurang

Sponsored Ad

Kemungkinan mencapai target mungkin akan berkurang karena saingan yang semakin banyak. Namun perusahaan tetap menaikkan target dan jika tidak tercapai mungkin pengemudi akan diberi sanksi. Sayangnya kenaikan tidak terjadi pada bonus, perusahaan justru menurunkan bonus para pengemudi.

#3 Pengemudi  jujur dikalahkan oleh pengemudi curang

Sponsored Ad

Kalian mungkin pernah dengar ada beberapa pengemudi nakal yang menggunakan GPS palsu untuk berpura-pura mengantar penumpang dan teknik ‘tuyul’ yang digunakan untuk mengecoh pengemudi lain supaya tidak nongkrong di tempat yang sama. Tentu saja hal tersebut tidak baik dan akan merugikan pengemudi lainnya.

#4 Harus sabar menghadapi penumpang

Sponsored Ad

Berhadapan dengan beragam orang, mengharuskan para pengemudi punya kesabaran ekstra. Karena tidak selamanya, pengemudi akan mendapatkan penumpang yang sabar dan baik hati. Terkadang ada saja penumpang yang rewel dan tidak sabaran hingga memberi rating jelek padahal hanya masalah sepele. Padahal rating ini akan mempengaruhi kelangsungan pengemudi juga.  

Itulah beberapa resiko sebagai pengemudi ojek online. Mungkin kita melihat kerjanya santai dan tak terbatas waktu. Padahal tidak ada yang tahu selama perjalanan, ia bakal kehujanan, kepanasan, ada penumpang yang membatalkan pesanan, dimarahi, atau telat makan demi pesanan. Mari kita lebih menghargai pekerjaan mereka ya.


Sumber : Boombastis

Kamu Mungkin Suka