Ditengah Corona, Rocky Gerung Ungkit Jejak Digital dr Tirta Yang Beredar Luas, Singgung Profesi Dokternya: "Saya Kasihan Juga"

Peran Tirta Mandira Hudhi atau dr. Tirta yang ikut serta membantu menangani virus Corona di Indonesia kini tengah disorot media.

Di tengah pandemi Covid-19, dr. Tirta menjadi salah satu pemuda yang ikut menyuarakan kewaspadaan terhadap Virus Corona yang meneror dunia saat ini.

Dokter Tirta yang merupakan seorang influencer tak gentar mengajak masyarakat untuk ikut membantu pemerintah menangani wabah Covid-19.

Ia juga melakukan penggalangan dana bantuan untuk tim medis.

Sponsored Ad

Selain itu, dr. Tirta juga mengajak rekan-rekannya sesama influencer untuk melakukan hal yang sama untuk ikut ambil peran dalam penanganan Virus Corona di Indonesia.

Hal ini menarik perhatian pengamat politik Rocky Gerung.

Dilansir Pos-kupang.com, Rocky Gerung mengaku kasihan dengan influencer dr Tirta atau dr Tirta Mandira Hudhi yang saat ini sedang berjuang melawan virus Corona di Indonesia melalui penggalangan dana bantuan untuk tim medis.

Keprihatinan Rocky Gerung muncul setelah Hersubeno Arief bertanya kepada Bintang ILC TV One tersebut karena Rocky Gerung sempat menyinggung inluencer di sekitar Presiden Joko Widodo ( Jokowi).

Sponsored Ad

"Mumpung Anda bicara tentang influencer, sekarang ada influencer yang seorang dokter yang lagi ramai banget. Dia maki-maki Presiden Jokowi. Padahal kalo gak salah jejak digitalnya seorang yang sangat mendukung Pak Jokowi loh," tanya Hersubeno Arief.

Bahkan menurut Hersubeno Arief saat tampil di ILC TV One dokter yang bersangkutan masih kelihatan masih mendukung Presiden Jokowi.

Sponsored Ad

"Saya kasihan juga akhirnya dia sakit gitu. Dan sedihlah konyolnya sendiri. Karena kalau dia dokter, jangan ikut relawan untuk bagi-bagi masker," tegas Rocky Gerung.

Tapi menurut Rocky Gerung karena yang bersangkutan adalah seorang dokter merangkap influencer, maka orang tidak bisa bedain lagi, ini lagi apa.

"Jadi akhirnya orang mengganggap ya udahlah kalau profesi dokter siapkan kemampuan datang pada pasien. Nah sekarang jadi kacau. Padahal mungkin dia punya maksud baik," kata Rocky Gerung.

Sponsored Ad

Dalam kesempatan itu, ia menilai dokter yang bersangkutan tidak paham dengan public policy.

"Apa yang dia sebut sebagai kebaikan itu akhirnya jadi konyol. Dia terjebak dalam situasi. Dulu yang jadi influencer mendukung Istana sekarang berbalik jadi maki-maki Istana kan," ucap Rocky Gerung lagi.

Berikut video lengkap Rocky Gerung soal dr Tirta:

Dr. Tirta Ajak influencer untuk bantu driver ojol yang terkena imbas Corona

Seorang Dokter yang juga berkarier jadi pebisinis cuci dan titip jual sepatu, dr Tirta Mandiri Hudi, mengutarakan pendapatnya di salah satu televisi swasta.

Sponsored Ad

Kini cuplikan video itu viral di sebuah akun Instagram @cipengclan.

Dokter Tirta menyenggol nama beberapa Youtuber dalam rekaman video tersebut.

Dokter nyentrik ini menyebut nama Ata Halilintar, Reza Arap, dan Rachel Venya secara gamblang.

Dokter Tirta khawatir jika pembatasan wilayah dilakukan demi mengantisipasi penularan virus corona dimbil sebagai kebijakan pemerintah.

Dokter alumni Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta itu memikirkan para ojek online atau ojol dan profesi yang penghasilannya harian.

Sponsored Ad

"Sebenarnya yang bisa dilakukan adalah sharing is caring, yang kaya membantu yang engga punya. Itu saja simpel," ungkap dokter Tirta, dikutip Grid.ID dari akun @cipengclan, Rabu (25/3/2020).

Dokter Tirta juga menunggu aksi ketiga Youtuber itu di tengah pandemik ini.

Dia juga menyarankan kepada ketigannya jangan hanya bisa pamer barang dan mobil mewah di Instagramnya.

Namun, keadaan seperti sekarang ini dapat dimanfaatkan mereka untuk menunjukan sisi kemanusiaan.

Sponsored Ad

"Pemerintah butuh proses. Ketika menunggu proses, selayaknya kita, kalian-kalian tuh saudara Atta Halilintar, Reza Arap, Rachel Venya, yang punya follower banyak, yang selalu pamer mobil mewah di setiap Instagram dan Youtube-nya,

"Tolonglah jual itu satu mobilmu, dan berikan donasi ke teman-temanmu, jika kamu memang benar the real pahlawan di sini man. Jangan manfaatin follower buat pribadi," ujar dr. Tirta menambahi.

Sponsored Ad

Padahal, menurut pandangannya, saat ini peran seperti Atta Halilintar sebagai influencer dinilai sangat besar.

Jika dilihat dari penghasilan Youtuber, sebut saja Atta yang memiliki 21.6 juta subscriber pasti memiliki hasil dari iklan sangat besar.

Penghasilan dari sana, seharusnya dapat dimanfaatkan Atta guna menyalurkan donasi untuk para pengemudi ojek online.

"Seharusnya peran influencer sangat gede, bayangin ads (iklan) sepuluh juta subscriber itu berapa miliar sumbangin lah itu semua buat ojol, mereka langsung lockdown empat belas hari, selesai," imbuhnya.

Sponsored Ad

"Seharusnya peran influencer sangat gede, bayangin ads (iklan) sepuluh juta subscriber itu berapa miliar sumbangin lah itu semua buat ojol, mereka langsung lockdown empat belas hari, selesai," lanjutnya.

Yang jadi masalah adalah, apakah para Youtuber itu punya kesadaran akan sosial?

"Tapi mau enggak teman-teman influencer? ya, enggak. Bisa enggak?" tanya Dokter Tirta.

Dia menyarankan satu solusi, jika tak sanggup memberikan donasi dari iklan Youtube dan menjual mobil, para Youtuber Atta Halilintar dan Reza Arap bisa menyontek aksi Rachel Vennya.

Rachel Vennya memanfaatkan para followersnya untuk bersama-sama menyumbang donasi.

Mama Xabiru ini sukses mengumpulkan dana sebesar 5 miliar.

Sebagian ia sumbangkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

"Kalau emang engga bisa, contoh kemarin Rachel Vennya, kemarin galang donasi dapat 5M, 2M langsung kasih PMI lewat kita bisa," tandasnya.

Sumber: Tribun

Kamu Mungkin Suka