Gokil! Berkat Kebingungan, Siswa Ini Berhasil Dapat Nilai A Ketika Diminta Menulis Puisi! Siapa Sangka Isi Puisinya Cuma Kayak Gini!

Jujur, apa kamu pernah mendapat nilai A, yang berarti sempurna, dalam pelajaran sekolah? Kalau pernah, mata pelajaran apa yang membuatmu dikagumi oleh teman, guru, dan orang tuamu itu? Dan, pernahkah mendapat nilai A di mata pelajaran yang benar-benar kamu benci karena terlalu susah?

Sponsored Ad


Beberapa siswa biasanya akan mendapat nilai baik hanya di mata pelajaran tertentu. Misalnya, siswa yang suka seni biasanya akan mendapat nilai membanggakan di mata pelajaran Menggambar atau Musik. Sedangkan temannya yang suka berhitung tentu akan superior di mata pelajaran Matematika.

Bahasa Indonesia yang dibenci

Lalu bagaimana dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia? Mata pelajaran yang satu ini begitu lucu menurut saya. Bagaimana tidak, bahasa Indonesia yang merupakan bahasa pemersatu bangsa, justru dianggap susah dan membosankan bagi banyak siswa, termasuk saya ketika masih sekolah dulu.

Sponsored Ad


Alasannya, mata pelajaran Bahasa Indonesia kebanyakan hanya diisi oleh kegiatan membaca dan menulis, dua hal yang pasti juga diberlakukan di mata pelajaran lain. Dan ngomong-ngomong soal mata pelajaran ini, apa kamu dulu pernah diminta oleh guru untuk mengarang sajak atau puisi?

Sponsored Ad

Saya yakin pernah, karena mengarang puisi merupakan tugas wajib yang pasti diberikan guru Bahasa Indonesia. Sayangnya, lantaran puisi bukanlah hal yang pasti disukai semua siswa, akhirnya banyak dari mereka yang kebingungan membuatnya. Apalagi, kalau temanya tidak ditentukan.

‘Bingung’ yang tercipta dari kebingungan

Sponsored Ad

Namun baru-baru ini, ada seorang siswa yang bingung setengah mati saat disuruh mengarang puisi, justru mendapat apresiasi tinggi dari kebingungannya itu. Ceritanya, ketika siswa itu disuruh gurunya untuk mengarang puisi, dia benar-benar tidak tahu harus memulai dari mana dan isinya tentang apa.

Saking bingungnya, dia lantas mengarang sebuah puisi yang temanya diangkat dari perasaan bingungnya saat itu. Maka, puisi berjudul ‘Bingung’ pun tercipta. Begini isi keseluruhan baitnya:

Sponsored Ad

Tak disangka, puisi yang begitu polos itu justru diberi nilai A, yang berarti sempurna, dari guru Bahasa Indonesia-nya.

Sponsored Ad

Dari hal luar biasa yang berhasil dicapai siswa itu, saya kok jadi tersadar. Bahwa Tuhan, pasti akan selalu memberikan jalan keluar yang tak terduga di saat kita sudah hampir menyerah pada sebuah masalah. Jalan keluar yang kita anggap ‘bodo amat’, yang oleh Tuhan justru disebut penyelamat.

Sumber : Inovasee

Kamu Mungkin Suka