​Tanggapi Kasus 'Ceramah Salib' Ustadz Somad, Anggun C Sasmi Tuai Kritikan dan Dicap Sok Tau

Ditengah-tengah ramainya kontroversi mengenai kasus ceramah salib Ustaz Abdul Somad, Anggun mengungkapkan perasaannya selama menjadi penganut agama minoritas di Prancis.

Sponsored Ad

Belakangan ini sosok Ustaz Abdul Somad ramai diperbincangkan masyarakat akibat ceramahnya yang kontroversial. Ustaz yang akrab disapa UAS tersebut dilaporkan atas dugaan penistaan agama Kristen.

Seperti diketahui, UAS sempat berceramah di sebuah masjid dan menyinggung soal jin kafir yang berada di dalam salib dan patung Yesus Kristus. Kasus tersebut tentunya menimbulkan perdebatan dalam masyarakat baik yang membela maupun melawan UAS, termasuk kalangan artis. Sebelumnya sudah ada Deddy Corbuzier yang menanggapi ceramah kontroversial UAS.

Sponsored Ad

Kali ini, giliran Anggun yang membandingkan kasus UAS dengan Meiliana yang divonis melakukan penodaan agama. Meiliana dilaporkan karena memprotes volume azan yang terlalu keras di wilayah tempat tinggalnya. Kasus tersebut pun membuat Meiliana dijatuhi vonis 1,5 tahun penjara.

Melalui postingannya di Instagram pada Selasa (20/8), Anggun mengisyaratkan perbedaan perlakuan kepada kaum beragama mayoritas dan minoritas. "Meliana & Somad. Minoritas VS Mayoritas #Kenyataan," bunyi tulisan Anggun di bagian keterangan foto.

Sponsored Ad

Tak hanya itu, Anggun juga menceritakan perasaannya selama tinggal di Prancis dan sempat diminta untuk tak mengungkapkan agamanya. Pasalnya penyanyi berusia 45 tahun tersebut memeluk agama Islam dan khawatir mengganggu masyarakat Prancis yang mayoritas beragama Katolik. Hal ini membuat Anggun berempati kepada pemeluk agama non-muslim di Indonesia.

"Saya tinggal di Paris, saya Muslim dan minoritas di negeri Prancis. Di awal karir, saya pernah dianjurkan untuk tidak memberi tahu tentang agama saya agar agama2 lain yang menjadi mayoritas tidak merasa terganggu," ungkap Anggun. "Dari sini lah saya mulai mengerti arti kata 'minoritas' karena sangat merasakannya, dan hingga saat ini saya selalu mempunyai empati kepada mereka yang harus terus mengalah supaya tidak 'mengganggu' yang jumlahnya lebih banyak. Lebih banyak belum tentu berarti benar."

Sponsored Ad

Kendati begitu, postingan Anggun tersebut justru membuatnya menerima banyak kritikan. Para netter menilai pelantun lagu "In Your Mind" tersebut seharusnya tak semakin memperkeruh keadaan.

Sponsored Ad

"Publik figur hrs bikin suasana makin adem...jgn posting yg bikin memperkeruh keadaan..." komentar akun @fa***ri. "Publik figur malah posting bikin kericuhan lagi hadeeeh..." imbuh akun @agusrauf*****adhan007. "Kalau tidak tahu menahu jangan sok tahu @anggun_cipta," sahut akun @ikh*****iau.

"No respect untuk postingannya , memecah belah kesatuan," ujar akun @prana*****ogawa. "Gak tau menau sok sok posting. Makanya mbak belajar agama yg benar," imbuh akun @rm***an. "Beda kasus. Jgn di sandingkan begitu mbak.. Jgn memperkeruh keadaan.. Auto unfollow juga.." seru akun @ggg*****eee.


Sumber: wowkeren.com

Kamu Mungkin Suka